Panggilan Manusia

Posted: 4 Desember 2011 in Uncategorized

MANUSIA

Subhanallah di dalam Alquran ada 25 panggilan untuk MANUSIA, terdiri dari 23 panggilan khusus untuk manusia dan 2 panggilan untuk manusia bersama jin

Wahai Manusia

(panggilan untuk manusia)

Surat ke-2 ayat 21

Hai manusia !, Sembahlah Rabb kamu Yang menciptakan kamu dan orang-orang yang dari sebelum kamu agar kamu terpelihara.(2.21)

Surat ke-2 ayat 168

Hai manusia, makanlah dari apa di bumi yang halal dan baik, dan jangan kamu  ikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya dia bagi kamu musuh yang nyata.(2.168)

Surat ke-4 ayat 1

Hai manusia, berbaktilah kepada Rabb kamu Yang Menciptakan kamu dari diri yang satu. Dan Dia menciptakan darinya jodohnya dan Dia bangkitkan dari mereka berdua,  laki-laki yang banyak dan wanita-wanita. Dan berbaktilah kepada Allah Yang kamu berminta-minta kepada-Nya dan peliharalah hubungan yang teliti. Sesungguhnya Allah adalah atas kamu Pengawas.(4.1)

Surat ke-4 ayat 133

Jika Dia kehendaki, Dia hapuskan kamu hai manusia, dan Dia datangkan makhluk yang lain, dan adalah Allah atas itu Berkuasa.(4.133)

Surat ke-4 ayat 170

Hai manusia sesungguhnya telah datang kepada kamu rasul itu denganAl- Haqq dari Rabb kamu, maka beriman itu baik bagi kamu, dan jika kamu kufur, maka sesungguhnya kepunyaan Allah apa-apa yang di langit dan bumi dan adalah Allah ’Aliiman-Hakiimaa.(4.170)

Surat ke-4 ayat 174

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kamu Burhan dari Rabb kamu dan kami telah turunkan kepada kamu cahaya yang membuktikan.(4.174)

Surat ke-7 ayat 158

Katakanlah: ”Hai manusia, sesungguhnya aku (ini) seorang utusan Allah kepada kamu sekalian Yang mempunyai Kerajaan langit dan bumi , tidak ada yang dita’ati melainkan Dia Yang Menghidupkan dan Mematikan, maka imanilah karakter Allah dan rasul-Nya Nabi yang Ummi yang mengimani karakter Allah dan kalimat-Nya, dan turutlah supaya kamu mendapat pengenalan.(7.158)

Surat ke-10 ayat 23

Maka setelah Dia selamatkan mereka, tiba-tiba mereka meliwati batas di bumi dengan tidak Haqq. ”Hai manusia, sesungguhnya kejahatan kamu itu tidak lain melainkan atas diri-diri kamu sendiri, perhiasan kehidupan dunia, kemudian kepada kamilah tempat kembali kamu, mak kami akan terangkan kepada kamu apa yang kamu telah kerjakan.(10.23)

Surat ke-10 ayat 57

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kamu nasehat dari Rabb kamu, dan obat untuk apa yang di dalan shudur, dan pengenalan dan pengaturan untuk orang yang berpendirian teguh.(10.57)

Surat ke-10 ayat 104

Katakanlah: “Hai manusia, jika adalah kamu di dalam syak dari peraturanku, maka aku tidak sembah yang kamu sembah selain dari Allah, tetapi aku sembah Allah Yang akan mewafatkan kamu dan aku diperintah supaya aku ada dari orang yang beriman”.(10.104)

Surat ke-10 ayat 108

Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang lepada kamu Al-Haqq, dari Rabb kamu, maka siapa mengambil pengenalan, maka sesungguhnya dia mengambil pengenalan untuk dirinya, dan siapa lupa, maka sesungghnya ia lupa atasnya, dan tidak aku atas kamu sebagai penjaga” .(10.108)

Surat ke-22 ayat 1

Hai manusia, berbaktilah kepada Rabb kamu, sesungguhnya Guncangan saat itu sesuatu yang panjang.(22.1)

Surat ke-22 ayat 5

Hai manusia, jika kamu dalam ragu dari kebangkitan, maka sesungguhnya kami telah menciptakan kamu dari debu, kemudian dari nuthfah, kemudian dari ‘alaqoh, kemudian dari mudghoh yang sempurna ciptaannya dan yang tidak sempurna ciptaannya, untuk kami buktikan kepada kamu, dan kami dudukkan di dalam tempat-tempat yang teliti apa yang kami kehendaki kepada waktu yang ditentukan. Kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian sampai kamu kuat dan sebagian kamu orang yang mati, dan sebagian dari kamu dikembalikan kepada setua-tua umur agar ia tidak tahu dari setelah tahu sesuatu. Dan engkau lihat bumi itu hhaamidah, maka apabila kami turunkan atasnya air, maka segar dan mekarlah ia dan ia tumbuhkan dari setiap jenis-jenis yang cantik.(22.5)

Surat ke-22ayat 49

Katakan: ”Hai manusia sesungguhnya hanyalah aku kepada kamu seorang pemberi peringatan yang nyata”.(22.49)

Surat ke-22 ayat 73

Hai manusia, telah diadakan satu perumpamaan,  maka dengarkan padanya. Sesungguhnya mereka yang kamu seru dari selain Allah tidak dapat menciptakan seekor lalat walau mereka berkumpul untuknya, dan jika lalat merampas sesuatu dari mereka, tidak mereka mempertahankannya darinya. Lemah orang yang mencari dan yang dicari.(22.73)

Surat ke-27 ayat 16

Dan sulaiman mewarisi Dawud, dan ia berkata: ”Hai manusia, telah diajar kepada kami percakapan Burung, dan kami telah diberi dari tiap sesuatu, sesungguhnya ini sungguh dia kelebihan yang membuktikan”.(27.16)

Surat ke-31 ayat 33

Hai manusia berbaktilah kepada Pemelihara kamu, dan takutlah satu hari yang tidak ada lagi melepaskan, bapak dari anaknya, dan tidak  anak dapat melepas dari bapaknya sesuatu. Sesungguhnya perjanjian Allah Lengkap. Maka jangan kamu ditipu oleh kehidupan dunia, dan jangan kamu ditipu dengan karakter Allah oleh penipu.(31.33)

Surat ke-35 ayat 3

Hai manusia ! ingatlah jasa Allah atas kamu, adakah dari Pencipta selain dari Allah ?  Yang memberi rizki kepada kamu dari Langit dan Bumi ?. Tidak ada Yang Dita’ati melainkan Dia, maka ke mana kamu dipalingkan ?.(35.3)

Surat ke-35 ayat 5

Hai manusia, sesungguhnya perjanjian Allah Lengkap. Maka jangan kamu ditipu oleh kehidupan dunia dan jangan kamu ditipu dengan karakter Allah oleh penipu.(35.5)

Surat ke-35 ayat 15

Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah dan Allah Dia Ghaniyyun-Hamiid.(35.15)

Surat ke-49 ayat 13

Hai manusia !, sesungguhnya kami telah menciptakan kamu dari laki laki dan perempuan. Dan kami menjadikan kamu  berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu mengenali. Sesungguhnya yang paling berbeda dari kamu di sisi Allah adalah kamu yang tekun. Sesungguhnya Allah ’Aliimun-Khabiir.(49.13)

Surat ke-82 ayat 6

Hai Manusia apa yang menipumu untuk karakter Rabb mu yang Al-Kariim (82.6)

Surat ke-84 ayat 6

Hai manusia, sesungguhnya engkau telah bersungguh-sungguh kepada Rabb mu, maka engkau akan menemui-Nya. (84.6)

2 kali Panggilan manusia bersama jin

Surat ke-6 ayat 130

Hai masyarakat Jin dan Manusia. Bukankah telah datang kepada kamu beberapa rasul dari kamu yang menceritakan kepada atas kamu ayat-ayat-Ku dan mengancam kamu dengan pertemuan  hari kamu ini ?”. Mereka berkata: ”Kami telah menyaksikan atas diri-diri kami”, karena mereka ditipu oleh kehidupan dunia, sedang mereka menyaksikan  ata diri-diri mereka, bahwa sesungguhnya mereka adalah  orang-orang kafir.(6.130)

Surat ke-55 ayat 33

Hai masyarakat Jinn dan Manusia, jika kamu sanggup untuk menembus dari aqhor langit dan bumi, maka tembusilah, tidak bisa kamu menembusinya melainkan dengan Sulthan.(55.33)

ALLAHU AKBAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s